Penulis Opini: Franzeska Michelle

PERIBAHASA "Buku adalah Jendela Dunia" tentu telah sering kita dengar sejak duduk di bangku sekolah dasar. Namun seiring berjalannya waktu dan bertambahnya aktivitas, apalagi ketika sudah menjadi mahasiswa dengan jadwal yang padat, kebiasaan membaca buku yang ditanam sejak kecil perlahan mulai dilupakan. Padahal, sebagai mahasiswa, kebiasaan membaca buku sangat penting dan akan memberikan begitu banyak manfaat jika dilakukan secara rutin.

Berikut beberapa manfaat dari kebiasaan membaca buku secara rutin.

Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi

Ketika Anda membaca buku, secara tidak langsung otak akan terstimulasi untuk berpikir secara sistematis agar maksud isi ataupun pesan yang terkandung dalam buku tersebut dapat dipahami. Kebiasaan berpikir secara sistematis inilah yang secara otomatis juga melatih dan membiasakan otak untuk berkonsentrasi dan memfokuskan diri dalam mempelajari atau mengerjakan sesuatu.

Sumber Inspirasi

Memasuki dunia perkuliahan, banyak tugas yang menuntut kreativitas serta pemahaman yang baik akan berbagai pengetahuan umum. Puncaknya adalah di akhir semester perkuliahan ketika harus menulis skripsi dan harus menentukan topik lalu melakukan riset; salah satunya dengan cara membaca banyak buku.

Jika telah terbiasa membaca banyak buku, tentu akan sangat membantu Anda dalam mendapatkan inspirasi topik yang tepat untuk skripsi yang akan Anda tulis. Tentunya dengan syarat Anda telah memilih buku yang dibaca dengan selektif yaitu buku-buku yang sifatnya edukatif, memotivasi, kisah sukses, ataupun pengetahuan umum.

Memperluas Wawasan

Berbeda dengan sekolah dasar dan menengah di mana kebanyakan aktivitas belajar kita masih dibimbing penuh oleh guru setiap pelajaran; memasuki masa kuliah, mahasiswa telah dituntut untuk lebih mandiri dan independen dalam proses belajar. Dosen juga cenderung memberikan pertanyaan yang mengharapkan jawaban berdasarkan opini pribadi maupun analisa berdasarkan fakta dan logika.

Dengan sering membaca buku, secara otomatis wawasan pun akan meluas sehingga meningkatkan kemampuan kita untuk menjawab berbagai pertanyaan dengan didukung fakta lebih akurat yang didapatkan dari membaca buku.

Mempererat Pertemanan

Mereka yang memiliki lebih banyak pengetahuan biasanya akan disegani oleh orang-orang di sekitarnya. Begitu juga yang akan terjadi jika Anda bisa menjadi mahasiswa yang tahu akan banyak hal berkat rajin membaca buku, bukan hanya akan membantu Anda meraih berbagai prestasi di kampus namun juga dapat mempererat relasi Anda dalam pergaulan.

Dengan sering membaca buku, Anda akan selalu memiliki topik menarik yang dapat dibahas dengan teman-teman Anda. Dan dengan membagikan pengetahuan tersebut, Anda bisa terlibat dalam diskusi yang seru dengan teman-teman yang tanpa disadari juga telah mempererat relasi di antara Anda dan teman-teman serta menjadi ajang bertukar pikiran.

Jika belum terbiasa membaca buku secara rutin, mungkin pada awalnya akan sulit menyediakan waktu khusus untuk membaca buku. Cobalah perlahan dengan membaca buku minimal lima lembar setiap harinya, lalu semakin Anda sudah terbiasa cobalah tambahkan bobot bacaan secara bertahap. Bayangkan, jika Anda mencoba membaca lima lembar sehari saja, dalam sebulan Anda sudah dapat menyelesaikan membaca buku setebal 150 lembar, apalagi nanti jika Anda sudah dapat meningkatkan jumlah lembar yang Anda baca. Jadi, ayo kita budayakan rajin membaca buku untuk bisa menjadi mahasiswa cerdas. Selamat mencoba!



Penulis Opini: Franzeska Michelle
Share this post on: